Sport Motorcycles Motorcycle Modif Motorcycle News Beauty Motorcycles Sexy Motorcycle
Next motorcycles Racer Motorcycle Latest Motorcycle Old Motorcycles Sexy Bikers
Super motorcycles Motorcycle Performance Max Bikers Rallies Motorcycles Motorcycle Hot Girl

Friday, May 6, 2011

Hari Ini Puncak Hujan Meteor Eta Aquarid

Hari Ini Puncak Hujan Meteor Eta Aquarid
Tri Wahono | Jumat, 6 Mei 2011 | 18:47 WIB

STELLARIUM
Foto:

JAKARTA, KOMPAS.com — Fenomena langit malam tiada habisnya. Apalagi yang namanya hujan meteor. Hampir setiap musim ada momen-momen yang sayang dilewatkan. Malam ini diperkirakan menjadi waktu terbaik untuk melihat hujan meteor Eta Aquarid.


"Dengan kondisi ideal, 30 sampai 60 meteor yang sangat cepat ini bisa dilihat setiap jam," kata Joe Rao, kolumnis pengamat langit di Space.com, Kamis (5/5/2011). Menurut dia, tahun ini merupakan pengamatan hujan meteor Eta Aquarid yang sempurna karena tidak ada gangguan cahaya bulan yang tengah memasuki fase bulan baru.Peristiwa tahunan itu kali ini diperkirakan akan mencapai puncaknya, Jumat (6/5/2011) ini. Eta Aquarid merupakan hujan meteor yang berasal dari debu dan pecahan-pecahan komet Halley. Bumi melintasi orbit Halley dua kali setahun, tiap Mei dan Oktober. Kali ini Bumi akan kembali melintasi orbit komet tersebut sehingga meteor-meteor yang terbakar di atmosfer Bumi bisa diamati sejak 28 April hingga 21 Mei 2011.

Hujan meteor Eta Aquarid dapat diamati dekat rasi Aquarius. Meteor-meteor yang terbakar bakal muncul secara radial dari bagian atas rasi tersebut. Untuk pengamat di Indonesia, rasi Aquarius pada Sabtu (7/5/2011) akan terbit mulai pukul 2.00 dini hari tepat di arah timur dan akan terus bergerak semu ke atas sampai Matahari terbit.

Menunggu meteor muncul mungkin membutuhkan konsentrasi penuh meskipun santai. Namun, pengalaman melihat satu saja meteor melintas bakal mengejutkan. Dan, jangan khawatir, setelah menunggu meteor-meteor lewat, Anda juga dapat menyaksikan pemandangan yang tidak kalah menarik. Mulai sekitar pukul 04.00, enam planet akan berjajar di arah timur. Masing-masing dari bawah Mars, Yupiter, Merkurius, Venus, Uranus, dan Neptunus.

Sumber : SPACE.COM

http://sains.kompas.com/read/2011/05/06/18470519/Hari.Ini.Puncak.Hujan.Meteor.Eta.Aquarid

No comments:

Post a Comment